Situs Resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

[SELASEH - SELASA SEHAT] Musim Hujan Tiba, Waspada Penyakit Yang Siap Mengintai

Beberapa wilayah tanah air sudah memasuki musim penghujan termasuk Kalimantan Barat. Terlihat dalam beberapa hari terakhir, sejumlah kawasan ibukota Provinsi Kalimantan Barat diguyur hujan dengan curah yang begitu besar.

Pada kondisi saat ini, lingkungan dalam keadaan kurang baik seperti banyak genangan air, sampah dan kotoran berserakan, terutama setelah hujan. Sehingga hal ini menjadi ancaman gangguan kesehatan mengingat terdapat penyakit yang muncul saat musim penghujan. Selain itu akibat perubahan suhu membuat daya tubuh sesorang menjadi tidak stabil dan lebih mudah terserang penyakit. Tubuh harus waspada terhadap serangan penyakit yang datang saat musim hujan.

Berikut beberapa penyakit yang mengintai saat musim hujan. Diantaranya :

Influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang dapat menyebabkan penyakit ringan sampai penyakit berat.

Gejalanya yaitu rasa tidak enak badan, demam, rasa pegal linu, lemas, lesu, bersin-bersin dan terasa nyeri di otot-otot dan sendi.

Demam berdarah adalah penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini menyebabkan gejala demam tinggi dan flu. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah berisiko mengancam nyawa.

Penyakit diare adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar encer 3 (tiga) kali atau lebih dalam sehari. Penyebab diare adalah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Diare disebabkan oleh Bakteri E. Coli, Salmonella, Shigella dan lain- lain.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kesehatan meminta masyarakat untuk lebih waspada datangnya musim penghujan yang bisa mendatangakan penyakit dengan tetap Terapkan Perlaku Hidup Bersih Sehat, melakukan pemberantasan sarang nyamuk serta menjaga imunitas dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

 

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalbar

 

(dr. Erna Yulianti)

November 28, 2023

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan D.A. Hadi No. 7 Pontianak
ppid.dinkesprovkalbar@gmail.com